Minggu, 31 Desember 2017

Jogja Jaman Dulu Langenastro Imogiri


Jogja Jaman Dulu



SILATURAHMI JEMPARINGAN #IMOGIRI
Oktober 18, 2013 by Jemparingan Langenastro


Mas Cemplus mewakili dulur-dulur Imogiri memberikan kata sambutan menerima kedatangan dulur-dulur dari Jemparingan Langenastro
Kamis malam tanggal 17 Oktober 2013, dulur-dulur Jemparingan Langenastro bersilaturahmi ke Imogiri. Kunjungan ini selain untuk mempererat tali silaturahmi antara Paseduluran Jemparingan Langenastro dengan Paseduluran Jemparingan di Imogiri, juga dimaksudkan untuk berbagi tips dan trik sederhana mengenai jemparingan. Sebagaimana kita ketahui bersama, dulur-dulur pandemen jemparingan di Imogiri berencana menggelar gladhen jemparingan dalam rangka Sumpah Pemuda dan juga sebagai langkah awal pembentukan paguyuban jemparingan di Imogiri ini.

Rombongan kecil dari Jemparingan Langenastro yang ikut dalam acara ini adalah: Mas Triyanto (Ketua), Mas Agung Sumedi Panghardono (Sekretaris I), mas Heru Purwanto, mas Dwi Wahyudi , mas Sabam Pasaroan, mas Wahyu Aji Prabowo, mas Nedi Parmanto, mas Paino Ujiono dan mas Eko Susanto.

Berikut adalah rekaman peristiwa yang berhasil direkam oleh Mas Eko Susanto. Mudah-mudahan dapat memberikan gambaran mengenai kehangatan yang terjalin di antara dua keluarga besar pandemen jemparingan di Yogyakarta – Paseduluran Jemparingan Langenastro dan dulur-dulur dari Imogiri.

Dulur-dulur dari Imogiri – demikian nama yang sampai hari ini masih kami gunakan sambil menunggu keputusan mengenai nama paguyuban yang masih terus didiskusikan secara internal oleh dulur-dulur Imogiri.

Dulur-dulur Jemparingan Langenastro yang dikawal ketuanya langsung (Mas Triyanto) mendengarkan kata-kata sambutan dari tuan rumah.

Mas Triyanto (Ketua Langenastro) memberikan arahan tentang tata-cara penyelenggaraan gladhen jemparingan.

Dulur-dulur Jemparingan Langenastro memberikan contoh posisi memanah gaya mataram yang benar. Depan-Belakang: Mas Nedi, Mas Yudi dan Mas Sabam

Mas Sabam memberikan tutorial mengenai cara memegang gendewa yang benar dalam kegiatan jemparingan

Mas Sabam juga menunjukkan cara memasang anak panah yang benar



Sumber :
https://langenastro.wordpress.com/2013/10/18/silaturahmi-jemparingan-imogiri/


Jemparingan Langenastro kie APA? www.JEMPARINGAN.COM

Jemparingan.Com  .  Jemparingan adalah permainan panahan-tradisional yang banyak digemari warga Jogja. Busur & anak-panahnya dari kayu ...